HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.236.15.142
Pengunjung : 353.105


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

SEKILAS SEJARAH TK TARAKANITA

    TK dan SD Tarakanita didirikan pada tahun 1988, di wilayah Paroki San Inigo Dirjodipuran, Sukoharjo dan pada tahun 1989 langsung dibuka pendaftaran siswa , jumlah yang masuk pada saat itu untuk TK besar 30 anak dan TK Kecil 17 anak, sedang ruang kelas ada 4 ruangan, 2 ruang dilantai 1 dan 2 ruang di lantai 2. Lembaga pendidikan Tarakanita didirikan oleh Yayasan Katolik yang bernama Tarakanita, dimana lembaga ini bernaung di bawah kenggregasi suster suster Cinta kasih Santo Carolus Borromeus yang berpusat di Jakarta. Lokasi sekolah berada di antara desa Soko dan perumahan Solo Baru yang jauh dari keramaian.. hal ini dimaksudkan agar sekolah Tarakanita tidak hanya untuk kalangan menengah ke atas, namun juga merangkul anak-anak dari tingkat ekonomi menengah ke bawah. Suster-suster cintakasih santo Carolus Borromeus berharap dapat menyatukan masyarakat kampong Soko dengan masyarakat perumahan.
    Mengawali suatu yang baru memang butuh perjuangan  dan kerja keras, begitu juga yang dialami  oleh pengajar pemula yaitu Sr Maria CB, Sr Rufiana CB, Ibu Wiji dan Ibu Sinta, untuk mencari murid para suster dan ibu guru setiap sore harus keluar masuk kampong tanpa mengenal lelah. Untuk tahun pertama belum bisa tercapai maksud dan tujuan dari suster-suter CB tersebut, namun dengan semangat  kerja keras dan pantang menyerah akhirnya kepercayaan akan pendidikan Tarakanita muncul dari masyarakat sekitar, secara bertahap jumlah peserta didik bertambah setiap tahunnya. Di tahun kedua semua ruang kelas sudah bisa dipenuhi oleh siswa, begitu pula untuk tahun-tahun berikutnya. Mulai tahun ke 4 bisa menampung 3 kelas untuk TK A dan 3 kelas untuk TK B. mulai tahun ke 11 sudah bisa menampung 4 kelas untuk TK A dan 4 kelas untuk TK B dan masih  7 rombongan belajar sampai sekarang.    
    Karena banyaknya permintaan bersekolah untuk siswa usia 3-4 tahun maka pada tahun 2002 di buka kelas play group dengan jumlah siswa yang mendaftar 24 orang pada tahun ke dua 25 orang dan sekarang untuk kelas play group dibuka 2 kelas.