HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.236.15.142
Pengunjung : 353.078


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



Kerja Sama Berbagai Elemen Menghasilkan Potensi Hebat Pada Anak Usia Dini


Jumat; 17 April 2015 [Rosa Indah Kurnianingsih, TK TARAKANITA SOLO BARU] - Artikel Umum

“ Kerja Sama Berbagai Elemen,  Menghasilkan Potensi Hebat  Pada Anak Usia Dini “.

Kerja sama secara sinergis dan integral diantara berbagai elemen, sangat dibutuhkan dalam menunjang keberhasilan program paud. Dengan kerjasama akan ada proses saling melengkapi, memperbaiki dan menyempurnakan satu dengan yang lain. Peran orang tua, sekolah dan lingkungan masyarakat menjadi prioritas yang tidak bisa dipisahkan. Kematangan pribadi dan lingkungan tempat anak berkembang akan membentuk kesiapan bersekolah pada anak. Pada usia prasekolah rangsangan yang diterima anak sangat menentukan perkembangan selanjutnya.

Orang tua sebagai penanggung jawab utama pertumbuhan dan perkembangan anak jelas memegang kendali dari pendidikan anak usia dini, bahkan pada seluruh proses pendidikan anak di semua jenjangnya. Keluarga menjadi media internalisasi nilai yang sangat kuat dan menjadi filter segala apa yang ada , baik internal maupun eksternal. Setiap orang tua sangat menginginkan anaknya lebih baik, lebih hebat dan lebih berhasil. Anak adalah anugerah dari Tuhan, maka setiap orang tua wajib untuk mengasihi, membimbing, memberikan pendidikan yang lebih baik  serta mengupayakan lesejahteraan sesuai kemampuan mereka, karena anak adalah masa depannya. Yang harus dilakukan orang tua untuk mewujudkan pendidikan anak yang berkualitas, adalah:

  1. 1.    Memberikan keteladanan. Anak usia dini sangat sensitif terhadap rangsangan dari luar, maka perilaku orang tua sangat berpengaruh terhadap anak. Cara orang tua berbicara, berperilaku dan bergaul dengan orang lain, menjadi cerminan bagi anak.  Karena orang tua sebagai teladan sempurna bagi anak maka perlu memantapkan imannya dan selalu menanamkan nilai – nilai yang baik dalam batin anak-anaknya sehingga mereka akan memiliki budi pekerti yang luhur dan  iman yang mendalam dalam kehidupan sehari-hari.
  2. 2.    Menjadikan rumah sebagai taman ilmu.  Rumah adalah tempat lahir, tumbuh dan berkembangnya seorang anak dan di  rumahlah pendidikan dimulai . Menjadikan rumah sebagai taman ilmu berarti merencanakan dan melaksanakan kegiatan di rumah yang sarat dengan ilmu. Orang tua perlu menumbuhkan minat membaca pada anak dan menanamkan pada anak bahwa membaca adalah sebagai bagian dari kebutuhan utama. Maka di rumah perlu menyediakan ruang sudut membaca, dimana buku-buku yang tersedia adalah bacaan yang digemari anak sekaligus bacaan yang berkualitas karena apa yang dibaca anak akan berpengaruh terhadap cara pandang dan cita-cita besarnya dikemudian hari. Selain itu dengan melibatkan anak dalam musyawarah atau diskusi bisa menjadi media aktualisasi paling efektif dalam menggali kemampuan anak dan mengembangkannya secara maksimal.
  3. 3.    Menyediakan Wahana Kreativitas.  Setiap anak memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. Ia juga memiliki kelebihan dan keunggulan yang khas. Namun orang tua sering kurang menyadari  bakat hebat  yang dimiliki anaknya. Disinilah pentingnya menyediakan wahana kreativitas anak. Anak hendaknya diberi ruang gerak yang penuh untuk menunjukkan jati diri dan identitasnya. Dari sinilah bakat terbesar anak akan nampak , jika bakat anak sudah kelihatan orang tua harus bergerak cepat membimbing, mendampingi dan mengarahkan. Disini peran orang tua  sebagai motivator.
  4. 4.    Hindari Emosi Negatif. Dalam mendidik anak khususnya  usia dini, stabilitas emosi orang tua sangat penting, melalui kearifan, kebijaksanaan, kematangan dan kecermatan.sikap. Diam adalah salah satu bentuk menetralkan ketegangan otot yang terjadi. Diam juga menjadi wahana evaluasi efektif terhadap kekurangan dan kelebihan sikap dan strategi yang dipilih.
  5. 5.    Tekun Berdoa.  Sehebat dan sesempurna apapun manusia, pasti banyak kekurangan. Manusia tidak bisa menggantungkan hasil hanya kepada kerja kerasnya, campur tangan Tuhan sanga penting. Melalui doa spiritualitas dan religiusitas manusia akan semakin kuat.

Sekolah merupakan media transfer of knowledge, science, value, and skills. Sementara lingkungan sosial menjadi aktualisasi potensi dalam menorehkan prestasi. Kerja sama sekolah, keluarga dan masyarakat akan menghasilkan potensi yang hebat kepada anak usia dini, baik secara moral, intelektual, sosial, spiritual dan profesional. Selain itu juga akan membentuk pendidikan terpadu yang berkualitas tinggi. Semua memegang peranan penting dalam proses pendidikan anak usia dini. Maka keteladanan merupakan  faktor kunci kesuksesan pendidikan anak usia dini.

Pendidikan anak usia dini menjadi kesempatan emas untuk membentuk karakter, moralitas, pengetahuan, ketrampilan dan life skills yang memadai bagi pertumbuhan dan perkembangan anak ke depan. Oleh sebab itu, kerjasama semua pihak dari kelaurga, sekolah dan masyarakat menjadi solusi terbaik demi suksesnya pendidikan usia dini . Khusus bagi keluarga, tugas dan tanggung jawabnya  sangat besar , mengingat dari keluargalah seorang anak lahir dan berkembang. Warna dalam keluarga sangat menentukan pola pikir, kebiasaan dan pandangan dalam memotret kehidupan dunia yang penuh kompotisi, aktualisasi dan dinamisasi.

 

 

Penulis : E. Sri Maryati, S.Pd







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :